banner-top

Gaya Melatih Nova Arianto Terinspirasi dari Shin Tae-yong

Gobet – Pelatih Nova Arianto mengakui banyak terinspirasi dari gaya melatih Shin Tae-yong. Dia akan coba menerapkan nilai-nilai positif dari STY.

nova arianto, pelatih, coach, timnas, indonesia, timnas muda

Nova jadi pelatih baru Timnas Indonesia U-16 sekaligus menggantikan Bima Sakti. Sebelumnya Nova lama jadi asisten di tim kepelatihan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Dan itu jadi modal berharga untuk Nova.

Tidak heran, gaya melatih Shin Tae-yong sedikit-banyak mempengaruhinya dalam memimpin Timnas U-16 yang sekarang ini jadi tugas dia melakukan seleksi tahap pertama menuju Piala AFF U-16 2024 yang akan dilaksanakan pada 19 – 21 Februari di Jakarta.

Gobet – Memang terlihat, gaya khas latihan ala Shin Tae-yong memang terliha t ketika latihan Timnas U-16 yang dipimpin Nova. Salah satunya adalah penggunaan kaos kaki beda warna yang dikenakan pemain untuk membedakan kaki kuat dan lemah para pemain.

“Ya pasti karna saya lama bersama Shin Tae-yong, jadi memang bener (terinspirasi),” kaya Nova di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024).

“Jadi kenapa (kaos kaki) dibedakan? Agar saya bisa tahu, sebenernya kaos kaki untuk menandakan kaki yang dominan kanan atau kiri. Jadi bisa memastikan,” ujarnya menambahkan.

Gobet – Sekarang ini Nova sudah memimpin latihan Timnas U-16 yang sedang seleksi untuk Piala AFF U-16. Seleksi tahap pertama ini diikuti oleh 32 pemain yang berlangsung dari 19 – 21 Februari. Rencananya seleksi ini akan berlangsung pada 3 gelombang. Pada pelatihan awal, Nova juga memantau kualitas para pemain yang dipanggil dalam internal game.

Timnas U-16 akan tampil di Piala AFF U-16 2024 di Indonesia lalu Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Belum ada tanggal resmi yang dikeluarkan, namun Piala AFF U-16 akan diperkirakan terjadi di pertengahan tahun. Setelah Piala AFF U-16 2024 akan digelar Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 dan tanggalnya juga belum pasti.

Gaya Melatih Nova Arianto Terinspirasi dari Shin Tae-yong. Ketika ditanya target di ajang tersebut, Nova menegaskan lolos ke Piala Asia U-17 itu yang lebih utama. Walaupun Indonesia jadi Juara Piala AFF U-16 2022, Kualifikasi Piala Asia tetap jadi tujuan utama.

Other Articles

Leave a Reply