banner-top

PSSI Pilih Pelatih Juara Dunia dari Jepang untuk Timnas Wanita, Ini Profil Lengkapnya

Gobet – PSSI memilih Satoru Mochizuki sebagai pelatih Timnas Indonesia Wanita. Dia pernah mengantar negaranya juara Piala Dunia Wanita 2011.

Ditunjuknya Satoru Mochizuki ini merupakan bagian dari kerja sama antara PSSI dengan JFA. Kerja sama kedua belah pihak meliputi pembangunan sepakbola wanita dan peningkatan mutu wasit.

timnas, indonesia, timnas wanita, pelatih, coach

“Selamat datang Satoru Mochizuki. Sosok pelatih yang telah berkontribusi pada perkembangan sepak bola wanita Jepang selama lebih dari 10 tahun ini, akan melatih Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia,” tulis pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir di akun medsosnya.

“Sebelumnya Mr. Mochizuki pernah membawa Timnas Wanita Jepang peringkat 4 Olimpiade Beijing (2008), juara Piala Dunia Wanita FIFA (2011), dan peringkat 2 Olimpiade London (2012). Semoga kehadiran Mr. Mochizuki akan meningkatkan mutu dan kualitas Timnas wanita kita, demi membawa Garuda mendunia.”

Gobet – Satoru Mochizuki mulai karier kepelatihannya bersama klub Kyoto Purple Sanga (sekarang Kyoto Sanga), Vissel Kobe, Timnas Jepang U-16, Urawa Red Diamonds Junior, dan Biwako Seikei Sport College.

Sejak 2008 dia jadi pelatih spesialis tim sepakbola wanita. Dia bertahan jadi pelatih kepala Nadeshiko sampai 2012. Kemudian lanjut tangani tim wanita Universiade Jepang pada 2015 – 2019.

PSSI mengontrak Satoru Mochizuki selama dua tahun untuk menangani Timnas Indonesia Wanita. Catatanya bagus dengan Timnas Jepang Wanita.

Prestasi tertinggi pelatih Satoru Mochizuki yaitu mengantar Timnas Jepang Wanita juara Piala Dunia Wanita 2011. Jepang menang adu penalti atas tim wanita Amerika Serikat setelah kedua tim bermain imbang – dalam partai final.

Gobet – Ketika itu, tim asuhan Satoru Mochizuki memang sangat bagus. Tidak hanya dapat gelar juara, Jepang juga dianugerahi tim paling fair play sepanjang pertandingan Piala Dunia Wanita 2011.

Homare Saya sebagai Kapten tim saat itu, keluar sebagai top skor dengan perolehan 5 gol serta terpilih sebagai pemain terbaik. Dia juga dianugerahi FIFA Women’s World Cup All-Star Team 2011 dan juga pemain terbaik wanita 2011.

Sebelum sukses besar di Piala Dunia Wanita 2011, Satoru Mochizuki sudah jadi pelatih sejak 2008. Dibawah arahannya juga berhasil menembus semifinal Olimpiade 2008 di Beijing, China. PSSI Pilih Pelatih Juara Dunia dari Jepang untuk Timnas Wanita, Ini Profil Lengkapnya.

Di event Olimpiade berikutnya, Satoru Mochizuki masih jadi pelatih Timnas Jepang Wanita. Dan dia juga sukses memperbaiki kiprah timnya dengan mengantar ke partai puncak Olimpiade 2012 di London.

Gobet – Namun sayang Jepang gagal jadi juara karena kalah dari Kanada 1-2 di partai final. Lalu setelah itu setelah ajang tersebut, Satoru Mochizuki tidak lanjut dengan Timnas Jepang Wanita.

Walaupun begitu, dia tetap melanjutkan jadi pelatih namun kini di Japan Women’s Universiade atau tim Universitas Jepang Wanita.

Tim itu adalah bentukan dari para pemain-pemain Universitas dari seluruh penjuru Jepang yang FISU World University Games atau dikenal dengan Universiade atau Olimpiade nya para mahasiswa dunia.

Tercatat dia menangani tim tersebut dalam 3 edisi Universiade. Keikutsertaanya pertama di tahun 2015, kedua pada 2017 dan ketiga pada 2019.

Lalu dia tercatat jadi Instruktur Pelatih Lisensi A AFC yang digelar di Taiwan pada 2023. Dan di tahun 2005 jadi instruktur pelatih untuk lisensi JFA B pada 2005 dan Instruktur Pelatih untuk lisensi JFA A pada 2014.

Sementara karier bermain Satoru Mochizuki banyak dihabiskan pada era amatir sepakbola Jepang. Ia tercatat pernah memperkuat NKK Soccer Club pada 1987 – 1992, Urawa Red Diamonds 1992 – 1995, dan Kyoto Purple Sanga (kini Kyoto Sanga) 1995 – 1996.

Sekarang dia melanjutkan jadi pelatih Timnas Wanita namun kini di Indonesia mulai tahun ini. Dia ditugasi membenahi sepakbola wanita Indonesia yang sedang banyak tugas yang diselesaikan.

Other Articles

Leave a Reply