banner-top

Indonesia vs Irak, Berakhir dengan Skor 1-3 di Piala Asia 2023

Gobet – Indonesia vs Irak pada laga Grup D Piala Asia 2023 sudah selesai. Garuda harus puas dengan skor 1-3 walaupun ada kontrovesi.

Laga Indonesia vs Irak Piala Asia 2023 digelar di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Senin (15/1). Pada babak awal, Indonesia tertinggal 1-2 dari Irak. Gol Irak diciptakan oleh Mohamad Ali dan Osama Rashid. Sedangkan gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan.

piala asia, timnas, indonesia, irak, piala asia 2023

Pada babak kedua, Irak menambah gol 1 lagi lewat Aymen Hussein. Skor jadi 1-3 dan sampai babak kedua berakhir Indonesia tidak mencetak gol lagi dan bertahan.

Di awal pertandingan, Gawang Indonesia digempur sejak awal. Irak banyak punya peluang meski lawan sesekali mengancam. Peluang Irak dimulai di menit ke-3. Awal dari set pieces, tandukan Osama Rashid masih menyamping dari gawang Indonesia.

Gobet – Indonesia bisa balas di 2 menit berselang. Marselino ada peluang di kotak penalti, melepaskan shot kaki kiri, dan bolanya kena tiang.

Irak terus menggempur Indonesia. Beberapa peluangnya nyaris berbuah gol, termasuk 1 peluang membentur gawang Indonesia. Terus digempur, akhirnya gawang Indonesia dibobol juga oleh Irak di menit ke-17. Mohanad Ali yang mencetak gol dan skor jadi 1-0.

Walaupun tertinggal, Indonesia tidak menyerah. Dan akhirnya mencetak gol dan menyamakan skor di menit ke-37 dari Marselino yang bisa menyelesaikan umpan dari Yakob Sayuri menyusur dari sisi kanan. Marselino cetak gol dan skor jadi 1-1.

Gobet – Di menit akhir babak pertama, percobaan jarak jauh dilakukan Rafael Struijk. Di luar kotak, ia melepaskan shot, namun arah bolanya tidak jelas, bola jauh dari sasaran.

Jelang turun minum, Indonesia kebobolan dari Osama Rashid. Memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Ali Jasim yang ditepis oleh kiper Ernando Ari. Dan skor jadi 1-2. Gol ini menimbulkan kontrovesi karena dinilai offside. Namun wasit dan VAR tetap mensahkan gol ini.

Pada babak kedua, Indonesia mengganti Asnawa Mangkualam dengan Witan Sulaeman. Dua menit berselang, gawang Indonesia kembali kebobolan.

Mohanad Ali menguasai bola dan bisa mencetak gol Timnas. Namun, wasit Tantashev Ilgiz dari Uzbekistan meninjau VAR, dan ternyata Ali sudah dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan awal.

Gobet – Indonesia sempat lama bisa mencoba menyulitkan Irak, meski beberapa kali ditekan. Namun gawang Indonesia tetap bisa dibobol lagi oleh Irak.

Pada menit ke-75, Aymen Hussein yang masuk menggantikan Mohanad Ali bisa menjebol gawang Indonesia lewat crossing dari sisi kanan. Hussein memenangi duel udara dengan Rizky Ridho dan menyelesaikan aksinya dengan sepakan keras ke gawang. Irak jadi unggul 3-1.

Indonesia langsung melakukan 3 pergantian pemain. Marc Klok, Dimas Drajad dan Ricky Kambuaya masuk. Namun tidak banyak perubahan yang terjadi sampai peluit panjang berbunyi tanda babak berakhir. Skor tetap sama dan Indonesia kalah 1-3 atas Irak di laga perdana mereka di Grup D Piala Asia 2023.

Indonesia vs Irak, Berakhir dengan Skor 1-3 di Piala Asia 2023. Hasil pertandingan ini, Indonesia berada di bawah atau jadi juru kunci sementara Grup D. Selanjutnya Indonesia akan lawan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan digelar 19 Januari 2023.

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott (Ricky Kambuaya 76′) Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 45′), Ivar Jenner (Mark Klok 76′), Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick (Dimas Drajad 76′)

Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid (Youssef Amyn 71′), Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal (Bashar Rasan 60′), Mohanad Ali (Aymen Hussein 60′) Ali Jasim

Other Articles

Leave a Reply