banner-top

Indra Widjaja Resmi Jadi Pelatih Kepala Tunggal Putri Pelatnas

Akhirnya terjawab sudah siapa yang akan jadi pelatih kepala tunggal putri bulutangkis Indonesia. PP PBSI mengumumkan Indra Widjaja resmi gabung Pelatnas.

Indra Widjaja secara resmi dikontrak PBSI mulai 1 Maret 2023. Dia akan dibantu oleh Herli Djaenudin yang sebelumnya merupakan asisten pelatih tunggal putri.

Hal ini disampaikan oleh Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

Rionny juga mengungkapkan alasan kenapa memilih Indra sebagai pelatih kepala tunggal putri karena memiliki catatan yang bagus.

“Iya (Indra Widjaja pelatih kepala tunggal putri). Dia mulai hari ini (menjadi pelatih),” kata Rionny pada Rabu (1/3).

“Saya kenal dia (Indra) juga. Dia pernah (tinggal) di sini (Pelatnas). Sebelumnya, Indra merupakan pelatih Lee Zii Jia kan, dan sudah punya record yang bagus, dan tipenya dia cocok,” tambahnya.

Tidak hanya alasan itu juga, Indra dinilai adalah sosok yang sudah berpengalaman sehingga tidak akan kesulitan jika beradaptasi. Sebelumnya, Indra pernah menjadi pelatih di Korea pada 2013-2016, lalu ke Timnas Malaysia pada 2016-2021. Dan Februari sampai November 2022 jadi pelatih profesional untuk Lee Zii Jia.

“Orang kalau sudah hidup di luar itu gampang beradaptasi. Punya pengalaman yang bagus, saya welcome lah dengan dia ada di sini (Pelatnas PBSI),” Rionny menambahkan.

“Memang saya pun untuk sektor tunggal putri, tidak mau memberikan (tugas) kepada sembarangan orang. Kalau orangnya tidak bisa kerja sama, berat nanti. Jadi Indra masuk, saya terangkan seperti ini (tunggal putri). Dia juga kan junior saya, anaknya baik, jadi oke lah,” Rionny menjelaskan.

Rionny yang pernah jadi pelatih kepala Timnas Jepang ini juga berharap bergabungnya Indra di Pelatnas Cipayung dapat memberikan perubahan besar di sektor tunggal putri.

“Selama ini kan, dia sukses bawa Lee Zii Jia menjadi juara. Orang yang punya pengalaman membawa atlet juara itu penting sekali, dan tak mudah duduk di situ (kepelatihan) membawa pemain berkualitas, serta punya mental,” katanya.

“Jadi saya rasa dia (Indra) cocok (untuk tunggal putri). Orangnya fighter. Nekad dan anak-anak kita (Gregoria Cs) nekadnya memang harus ditambah,” dia menambahkan.

Other Articles

Leave a Reply