banner-top

Lemahnya Lini Pertahanan Indonesia Disorot Sebelum Piala Asia 2023

Gobet – Jelang PIala Asia 2023, Performa Timnas Indonesia sedang disorot. Lini pertahanan dinilai jadi titik lemahnya. Ini juga sampai disorot media asing.

Timnas Indonesia sudah ada di Qatar untuk mengikuti Piala Asia 2023. Turnamen sepakbola terbesar dan bergengsi se-Asia itu resmi dibuka pada Jumat kemarin (12/1).

timnas, timnas indonesia, pemain, pssi, piala asia

Indonesia masuk di Grup D. Indonesia harus bersaing mendapatkan tiket lolos babak 16 besar menghadapi tim lain yang di grup tersebut juga. Jepang, Irak, dan Vietnam masuk di grup D.

Sebelum bertanding di Piala Asia, Indonesia sudah menjalani persiapan. Dari training atau pemusatan latihan sampai gelar pertandingan uji coba sebanyak 3 kali.

Gobet – Pertandingan uji coba yang 2 kali dilakukan saat pemusatan latihan di Turki dengan melawan Libya. Namun saat itu, Indonesia kalah berturut-turut dengan skor 0-4 dan 1-2.

Lalu sesampainya di Qatar, Indonesia menjalani laga uji coba dengan Iran. Sama seperti sebelumnya, laga ini tidak mendapatkan kemenangan karena dibantai 0-5.

Jika ditotal, 3 laga uji coba tersebut, maka Indonesia 11 kali kebobolan dan hanya sekali membuat gol. Hal ini bukan modal yang baik untuk Indonesia mengikuti Piala Asia 2023. Lemahnya pertahanan Indonesia yang paling disorot karena kekalahan Indonesia tersebut.

Beberapa statement menyetujui hal tersebut. Bahkan, pelatih Libya menyebut lini pertahanan Indonesia menjadi pekerjaan yang harus diselesaikan. Media Vietnam Thanh Nien juga menyebut bahwa lini pertahanan menjadi titik lemah Indonesia yang kini sudah diketahui lawan.

Hal tersebut jelas jadi sorotan, mengingat lawan yang akan dihadapi Indonesia nanti di Piala Asia fase Grup adalah tim-tim yang kuat. Jepang dan Irak pernah jadi juara di Piala Asia. Sementara Vietnam sering merepotkan Indonesia di beberapa turnamen sebelumnya.

Walaupun sulit, pelatih Shin Tae-yong menargetkan Indonesia bisa lolos dari fase grup. Dia berharap Indonesia bisa dapat 4 poin, yaitu dengan cara imbang lawan Irak dan mengalahkan Vietnam, dan tidak bisa janji dapat poin dari Jepang.

Lemahnya Lini Pertahanan Indonesia Disorot Sebelum Piala Asia 2023. Pertandingan perdana Indonesia di Piala Asia akan melawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan. Yang akan berlangsung pada 15 Januari.

 

Other Articles

Leave a Reply