banner-top

Persoalan Hadiah Liga, PT Liga Indonesia Baru Akan Diaudit

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan diaudit terkait pembagian kompensasi dari hak siar serta sponsor.

Hal tersebut tidak lepas dari inkonsistensi pemberian hadiah kepada pemenang kompetisi. Karena seperti diketahui, PT LIB menegaskan tidak ada hadiah untuk juara Liga 1 2022, PSM Makassar.

Sejak awal hal tersebut sudah disepakati sebelum kompetisi digelar. Hanya pada musim 2017 saja PT LIB memberikan hadiah uang kepada juara kompetisi, sisanya hanya dapat trofi saja.

Hadiah uang tunai hanya diberikan kepada peraih penghargaan individu seperti pemain terbaik, pemain muda terbaik, pelatih terbaik, dan gol terbaik, serta hadiah untuk tim fair play.

Karena tidak ada hadiah buat PSM, PT LIB sebagai operator kompetisi sempat mengatakan, hadiah uang tunai sudah didistribusikan ke klub-klub peserta dalam bentuk subsidi.

Erick Thohir selaku Ketum PSSI menyayangkan inkonsistensi pemberian bonus juara liga yang dilakukan operator PT Liga Indonesia Baru.

Oleh karena itu, menuju musim kompetisi musim 2023 yang akan digelar 1 Juli besok, pihaknya akan meminta LIB melakukan audit. PT LIB juga diminta menyampaikan secara terbuka mengenai pembagian kompensasi dari hak siar serta sponsor.

“Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia,” ujar Erick dalam jumpa pers di GBK Arena, Jakarta, Rabu (19/4)

“Saya akan lakukan bersih – bersih (baik di Liga maupun PSSI). Harus bisa dipertanggungjawabkan. Apa yang di Liga dan apa di PSSI. Semua harus terbuka agar tidak saling menyalahkan atau menjatuhkan. Baik Liga, PSSI, maupun klub.”

Erick menambahkan faktor inkonsistensi LIB dalam hal bonus kepada juara liga menjadi pemicu perlu dilakukan audit dan penjelasan dengan transparan. Jadi, sebelum Liga berjalan, hal-hal terkait keuangan dan manajemen harus sudah dijelaskan dan jangan ada yang disembunyikan.

“Saya dengar, dalam kerja sama antara LIB dengan PSSI yang sudah berjalan sebelumnya, ada pembayaran LIB ke PSSI melalui transfer. Nah, hal ini juga akan saya audit nanti, uangnya ke mana. Tanpa menyalahkan siapa-siapa. Kan mau terbuka. Apalagi sepakbola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan,” kata Erick.

Erick Thohir juga menyebutkan bahwa di Indonesia, komposisi kepemilikan Liga menetapkan PSSI punya saham yang jumlahnya 1 persen. Karena itu PSSI dapat porsi pendapatan berdasarkan saham tersebut.

“Hal ini juga akan diaudit, termasuk digunakan untuk kepentingan apa dan dihitung sebagai penerimaan apa di PSSI pemasukan dari saham itu. Di Malaysia, federasi sepakbola memiliki saham 60% di liganya. Tapi di Indonesia sangat demokrasi, hanya 1%. Luar biasa. Namun, saya akan tetap hormati keputusan para pendahulu kita. Saya hormati kesepakatan sebelumnya,” ujarnya.

Other Articles

Leave a Reply