banner-top

Piala Asia U-23 dan TC Timnas U-3 Bentrok dengan Liga 1, Ini Solusi PSSI

Gobet – PSSI mulai jalin komunikasi dengan klub Liga 1 dan klub luar negeri untuk cari solusi untuk agenda Timnas U-23.

Timnas Indonesia U-23 akan menggelar Pemuasatan Latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab. TC dilakukan mulai tanggal 31 Maret 2024. TC ini dilakukan untuk persiapan lanjutan tampil di Piala Asia U-23 Qatar yang diselenggarakan pada 15 April – 3 Mei 2024.

pssi, timnas, timnas u-23, pemusatan latihan, tc, piala asia u-23

Bersamaan digelar nya TC Timnas U-23, Liga 1 juga akan masuk pekan ke-31 mulai 1 April 2024. Kemudian ketika fase grup Piala Asia U-23, Liga 1 sedang menggelar laga pekan ke-32 dan ke-33.

Gobet – Pekan-pekan itu merupakan pekan krusial untuk klub yang berjuang supaya bisa masuk di 4 besar demi lanjut ke babak championship series. Begitu juga untuk klub-klub yang berjuang lolos dari ancaman degradasi.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan klub bisa keberatan untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, PSSI juga mulai menjalin komunikasi dengan para klub-klub tersebut.

“Yang jelas, mulai sejak dari (Piala Asia 2023) Qatar, kami sudah koordinasi, bukan dari sekarang aja. Sejak di Qatar, kami sudah koordinasi dengan Pak Ketua Umum juga, dengan Pak Wakil Ketua Umum juga, dengan Pak Ferry Paulus (Direktur Utama PT LIB), dan kita menyerahkan jadwal pertandingan kita pada saat (Piala Asia) U-23,” kata Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan kepada wartawan.

“Shin Tae-yong pun sudah membuat roadmap mengenai rencana untuk TC, rencana untuk pertandingan, dan itu kami serahkan ke PT Liga (LIB). Artinya, kami berharap lewat PT Liga bekerja sama (dengan klub) untuk memberikan (jumlah) minimal pemain U-23 yang berlaga di Liga 1 atau Liga 2 supaya dapat melepas pemainnya,” ujarnya menambahkan.

Gobet – Salah satu jalan tengah yang mungkin akan ditawarkan ke klub adalah pembatasan jumlah pemanggilan pemain. Misal di pemanggilan awal ada klub yang kuotanya 4-5 pemain dipanggil, jadi nanti bisa minta dispensasi 2 atau 3 pemain saja yang dipanggil.

“Itu mungkin akan kami negosiasikan dengan PT Liga dan juga dengan pihak klub. Dan mungkin sejak awal akan kami bicarakan, kira-kira siapa (pemain) yang (bisa) dilepas, siapa yang nggak bisa dilepas. Itu akan kami negosiasi dan konsultasikan dengan PT Liga,” tutur Endri.

Dan pemain yang berkarier di luar negeri, komunikasi akan langsung dilakukan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Endri memahami betapa sulitnya hal ini karena PIala Asia U-23 2024 tidak termasuk di dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak wajib untuk melepas pemainnya ke timnas.

“Nanti pak Ketum PSSI (Erick Thohir) yang akan berbicara dengan pemilik klub di sana,” ucap Endri. Piala Asia U-23 dan TC Timnas U-3 Bentrok dengan Liga 1, Ini Solusi PSSI.

Timnas Indonesia U-23 ada di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama dengan Australia, Yordania, dan tuan rumah Qatar. Dan target dari PSSI yaitu Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 8 besar.

Other Articles

Leave a Reply