banner-top
bri liga 1, liga indonesia, liga 1, pssi, fifa, timnas

VAR Batal Digunakan Februari di Liga 1, Ditunda ke Championship Series

Gobet – Teknologi VAR batal diterapkan di Liga 1 2023/2024 yang rencananya di Bulan Februari. Akan ditunda ke Championship Series.

bri liga 1, liga indonesia, liga 1, pssi, fifa, timnas, var

Rencananya VAR mulai digunakan di pekan ke-24 Liga 1 atau lebih tepatnya awal Februari. Tapi ada beberapa kendala yang membuatnya tertunda, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) ditargetkan tetap mengupayakan VAR di Bulan Februari ini.

Gobet – Penundaan ini disebabkan oleh kendala pendalaman materi untuk para wasit yang akan mengoperasikan VAR. Dan info terkini, PT LIB memastikan bahwa VAR belum bisa digunakan pada musim regular.

“Kami mengubah ada second plan dengan menambah armada kostumisasi dan VAR yang seharusnya ada Video Operating Room karena ada potensi klub mobile, makanya kami sesuaikan,” kata Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra kepada wartawan, Selasa (6/2/2024).

“Secara teknologi dan kami menunggu approval di Februari. Selain teknologi, tentunya kesiapan SDM dalam konteks ada 3 orang yakni wasit VAR, asisten wasit VAR, dan replay operator,” ujarnya menambahkan.

“Itu tanggung jawab LIB juga, dari 25 orang yang qualified itu 18. Yang paling penting adalah wasit dan asisten VAR-nya. Ternyata wasit VAR butuh pendalaman yang lebih. Evaluasi instruktur FIFA memberikan beberapa masukan dan kemarin tanggal 26 Januari sudah praktek di lapangan,” katanya lagi.

Gobet – Dengan segala kendala tersebut, PT LIB memastikan VAR belum bisa digunakan di Liga 1 pada waktu dekat ini. Pihak PT LIB tidak mau memaksakan jika semuanya belum siap.

Melalui berbagai pertimbangan, penggunaan VAR dipastikan ditunda. Dan jika dilihat berbagai perhitungan dan saran, VAR kemungkinan bisa akan hadir saat kompetisi masa regular selesai.

“Kondisi ini yang membuat apakah bisa dilakukan di Bulan Februari, tentu kami berdiskusi dan komunikasi dengan komite wasit PSSI dan pekan lalu pak Ketua Umum dan ketua komite wasit dan Mr. Ogawa,” tutur Asep.

“Setelah memikirkan A-Z beserta konsiderasi dan segala macamnya kita mendapat rekomendasi bahwa penerapan VAR itu di Liga 1 akan diterapkan mulai championship series,” ucapnya. VAR Batal Digunakan Februari di Liga 1, Ditunda ke Championship Series.

“Karena untuk memastikan semuanya siap dan tadi bicara kualitas dan kuantitas. Semua butuh kesiapan dan beberapa hal yang dipertimbangkan. Tetapi sampai berjalan di kompetisi youth juga kami berupaya menerapkan lebih awal untuk percobaan. Ini yang sudah disampaikan ke teman-teman klub,” katanya lagi.

Other Articles

Leave a Reply