banner-top

PSSI Panggil 4 Siswa Papua Football Academy Ikut Seleksi Timnas U-16

Gobet – PSSI memanggil 4 siswa Papua Football Academy (PFA) untuk ikut seleksi Timnas U-16 di Jakarta pada 18 – 1 Februari.

pssi, timnas, timnas u-16, timnas muda, garuda muda, seleksi, pemusatan latihan , TC

Ada 4 siswa Papua Football Academy (PFA) yang dipanggil untuk ikut seleksi Timnas U-16. Mereka adalah Valentino Santo, Samuel Cundrad, Yulius Pigai, dan Marthquin Gustavo.

“Mereka mewakili seluruh Papua mengikuti seleksi Timnas U-16 Putra Indonesia. Pemanggilan seleksi para siswa PFA ini merupakan sinyal positif untuk sepakbola Papua,” kata Head Coach PFA Ardiles Rumbiak dalam keterangan tertulis, Senin (19/2).

Gobet – Seleksi ini dilakukan sehubungan dengan keikutsertaan Timnas U-16 pada turnamen AFC U-17, Asian Cup 05 Qualifiers.

“Keikutsertaan mereka dalam seleksi Timnas U16 merupakan kebanggaan bagi PFA dan Papua. Mereka menunjukkan bahwa ketekunan, disiplin, semangat pantang menyerah, dan sportifitas mampu mengantar anak-anak Papua berkompetisi di tingkat nasional,” tuturnya.

Menurutnya, pemanggilan itu diterima karena siswa mengikuti ajang Piala Soeratin 04 di Yogyakarta. Ketika berlatih, para siswa langsung dilihat oleh asisten pelatih Timnas U-16.

“Mereka melihat kemampuan anak-anak PFA bisa bersaing di level U-16. Hal ini mungkin yang menjadi pertimbangan memanggil empat pemain PFA,” tutur Ardiles.

Dia berpendapat, pemanggilan itu merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Karena anak-anak PFA menunjukkan perkembangan yang pesat sejak PFA berdiri pada tahun lalu. Dan menurutnya para siswa punya teknik dan taktik yang baik ketika bermain sepakbola.

“Baik dalam teknik dan taktik bermain sepak bola, maupun kepribadian mereka,” ujarnya.

Dan juga dia berharap para siswa dapat menjadikan momen tersebut untuk memperbanyak pengalaman. Sehingga kemampuan para siswa ketika bermain sepakbola bisa lebih terasah.

“Kami berharap berbagai kompetisi nasional dan internasional yang diikuti, memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak Papua. Sekaligus juga membuka cakrawala berpikir mereka untuk berani bermimpi dan berjuang mewujudkannya,” ungkap Ardiles.

Gobet – Dan Yulius Pagi juga mengaku senang terkait pemanggilan tersebut. Menurutnya, pemanggilan itu jadi kesempatan dirinya untuk mengembangkan kemampuan yang ada di dirinya di sepakbola.

“Senang, tidak menyangka, bangga juga karena bisa mewakili PFA ikut seleksi,” tutup Yulius.

PFA sendiri merupakan salah satu investasi sosial dari PT Freeport Indonesia untuk anak-anak Papua. Sebuah program yang bertujuan untuk cetak pemain bola unggulan yang bisa bawa nama Indonesia ke Internasional.

Mereka yang lolos seleksi masuk PFA dapat beasiswa selama dua tahun untuk ikut pendidikan sepakbola di Mimika Sports Complex (MSC), Timika, Papua Tengah yang dibangun oleh PTFI. PSSI Panggil 4 Siswa Papua Football Academy Ikut Seleksi Timnas U-16.

Dan pada waktu dekat, siswa PFA akan mengikuti turnamen sepakbola U-15 yang akan diselenggarakan di Selangor, Malaysia. Dan ini merupakan pertama kalinya siswa PFA ikut pertandingan di luar negeri.

 

Other Articles

Leave a Reply