banner-top

Raih Emas di SEAKF, Kareteka Indonesia Siap untuk SEA Games 2023

Karateka Indonesia raih 8 medali emas, 5 medali perak, dan 11 perunggu di 10th SEAKF Championship 2023 yang dilaksanakan di Filipina.

Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam yang meraih 23 medali emas, 20 perak, dan 23 perunggu. Dan Thailand yang meraih 8 emas, 10 perak, dan 18 perunggu.

Untuk wakil Indonesia yang meraih juara di SEAKF Championship 2023 diantaranya, Layla Nadlima (Junior Female Kata), Ramadhan Hajel (Junior Male Kata), Abimanyu Natanile (Junior Male Kumite -76 kg), Rakawuni Banurea Dessynta (Kumite +68 kg putri senior), Zefanya Ceyco Giorgia (Senior Female Kumite -68 kg), Zaresta Yuda Ahmad Gigi (Senior Male Kata), Januar Muhammad Tegar (Senior Male Kumite -55kg), dan Ari Saputra, (Senior Male Kumite -60 kg).

Sekretaris Jenderal PP Federasi Karate-do Indonesia (PB FORKI) mengatakan atletnya sukses tampil terbaik dan memperoleh hasil yang maksimal pada event SEAKF Championship 2023.

“Saya senang dengan tim seperti ini kepengurusan dan komposisi kontingen dari atlet, pelatih, ofisial tak banyak suara, tapi mampu mengeksekusi tugas dengan baik. Itu dibuktikan dengan hasil yang sangat luar biasa, baik tim senior maupun juniornya,” kata Ervian, dalam penyambutan tim karate sepulang mereka dari Filipina, di kawasan SCBD, pada Selasa (21/3).

“Kepada tim senior saya ucapkan selamat. Bisa dibilang ini warming up menuju SEA Games dan waktunya kurang dari dua bulan lagi sebelum dimulai multievent itu. Saya rasa ini persiapan bagus untuk kalian semua,” tambahnya.

Setelah event SEAKF, mereka akan merencanakan mengirim atletnya ke training camp kategori kumite ke Eropa dan kategori Kata ke Jepang. Namun, rencana tersebut tidak dapat terwujud karena belum dapat persetujuan dari Kemenpora.

“Sebagai gantinya, kami coba maksimalkan latihan di dalam negeri. Paling tidak kami sudah memiliki gambaran lawan yang akan dihadapi buat SEA Games nanti,” lanjutnya.

“Target kita di SEA Games Kamboja nanti, karate Indonesia lebih superior lagi. Kemarin di Vietnam (SEA Games 2021) kalian dapat masuk 12 nomor pertandingan final dari 15 nomor yang dipertandingkan. Intinya FORKI akan bekerja semaksimal mungkin mempersiapkan apa yang dapat dimaksimalkan sampai SEA Games nanti,” dia mengharapkan.

Other Articles

Leave a Reply