banner-top

Tanggapan Erick Thohir Tentang VAR yang Tertunda

Gobet – Erick Thohir selaku Ketum PSSI, angkat bicara tentang tertundanya penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2023/2024.

erick thohir, pssi, ketua, var, indonesia, timnas

Rencananya VAR sudah hadir ketika kompetisi Liga 1 yang usai Piala Asia 2023. Namun kenyataannya persiapan VAR masih terus berlanjut sejak 4 Februari 2024. Kurangnya Sumber Daya Manusia di wasit VAR.

Gobet – PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelumnya mengungkap jika penundaan ini disebabkan oleh kendala pendalaman materi untuk wasit yang akan mengoperasikan VAR. Dan akhirnya VAR ditunda penerapannya ke Championship Series.

Erick Thohir juga menyebut jika kendalanya di wasit. Tidak semua wasit yang ikut pelatihan, akan lolos untuk bisa jadi operator VAR.

“Jadi VAR itu yang saya ketahui karena perwasitan di bawah, memang ketika VARnya diimplementasikan SDM masih kurang,” kata Erick Thohir. Tanggapan Erick Thohir Tentang VAR yang Tertunda.

“Padahal sudah training 3-4 kali, makanya sempat ter-delay karena SDM-nya. Tetapi pasti akan ketemu SDM-nya, namanya membangun SDM perlu waktu. Liga pasti akan menerapkan di musim ini,” tambahnya.

Lalu terkait infrastruktur stadion, Erick Thohir menegaskan tidak ada kendala yang berarti. Kondisi stadion Indonesia yang tidak semuanya punya ruangan untuk VAR itu bisa ada opsi untuk pakai mobil van.

Gobet – Menurut kabar, ada 3 stadion yang siap jadi lokasi permanen VAR. Sementara stadion sisanya, VAR akan hadir dalam bentuk mobile yang artinya bisa dipindah-pindah memakai mobil van.

“(Infrastruktur) tidak masalah, kan itu sistemnya ada stadion yang sudah punya sistemnya dengan wifi dan lain-lain,” ucap Erick Thohir.

Other Articles

Leave a Reply