banner-top

Timnas Indonesia U-16 Selesai Seleksi Gelombang 1 Diikuti 32 Pemain

Gobet – Timnas Indonesia U-16 sudah menyelesaikan seleksi gelombang pertama di Jakarta. Ada 32 pemain jalani kegiatan 19 – 21 Februari 2024.

pelatih, coach, nova arianto, seleksi, Timnas U-16, timnas, indonesia, garuda muda

Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto langsung menggeber tes fisik dan selalu adakan internal game selama seleksi gelombang pertama.

Gobet – Ada juga serangkaian kegiatan seperti psychology class session dan pengenalan sesi kebugaran di pusat kebugaran PSSI di GBK Arena.

“Untuk memanfaatkan waktu persiapan dan memantau langsung pemain yang ada, saya dan staf pelatih selalu melakukan tes fisik serta menggelar internal game,” kata Nova Arianto.

“Itu juga cara yang memudahkan kami dalam penilaian pemain. Karena mereka bisa langsung menunjukkan kemampuan individu dan kerja sama dengan rekan-rekan lainnya,” tambahnya.

Nova kembali menjelaskan beberapa kriteria pemain yang akan jadi pilihannya. Penilainnya dari beberapa aspek salah satunya postur tubuh. Timnas Indonesia U-16 Selesai Seleksi Gelombang 1 Diikuti 32 Pemain.

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya, karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia, tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm,” ucapnya.

Itu karena pengalamannya di Piala Asia 2023, yang jadi faktor yang mendasari Nova untuk cari pemain tinggi. Saat itu Timnas Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia.

Gobet – Dari pengalaman tersebut, Indonesia dinilai menghadapi kendala ketika memberi perlawanan saat di lapangan. Akhirnya detail-detail seperti itu yang bisa memberikan pengaruh di hasil akhir pertandingan.

“Saat kita melawan Australia, bertemu pemain yang tingginya dua meter pun agak kesulitan. Jadi tinggi badan menjadi salah satu poin penting di sini, tetapi saya masih melihat ada beberapa posisi yang mungkin nggak terlalu difokuskan,” tutur Nova.

Nova juga menjelaskan, pencarian pemain jadi tantangan tersendiri sebagai pelatih Timnas U-16. Mengingat di level tersebut dia tidak punya data-data pemain seperti di Timnas U-20 dan Timnas U-23.

“Saya bersyukur atas dukungan dari pelatih-pelatih di Indonesia yang memberikan rekomendasi. Itu yang menjadi data awal kami untuk mencari pemain,” ucap Nova.

 

Other Articles

Liga Indonesia
Liga IndonesiaTimnas

Leave a Reply