banner-top

Turnamen Basket Veteran ASEAN Digelar Lagi, Tahun ini di Semarang

Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah turnamen basket veteran se-Asia Tenggara tahun ini. Dan kota Semarang yang akan jadi tempat pertandingan.

ASEAN Veteran Basketball Conference (AVBC) menggelar Turnamen Bola Basket Veteran ASEAN rutin secara tahunan. Turnamen ini diikuti klub-klub veteran dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dikhususkan untuk usia 40, 50, 60, dan 70 tahun.

Turnamen ini sempat absen 2 tahun akibat corona Covid-19. Dan di tahun 2023 ini kembali digelar dan Klub Meteor Pontianak dipercaya sebagai tuan rumah AVBC di Semarang bulan September.

Di Turnamen tahun lalu yang digelar di Thailand, Indonesia mengirimkan BULS Meteor dan BULS Asaba yang akhirnya ada di peringkat kedua dan ketiga di U-50.

Dan turnamen ini nantinya digelar sebagai bagian dari menyemarakan perhelatan FIBA World Cup 2023 yang akan ditandingkan di Filipina, Jepang, dan Indonesia pada 25 Agustus – 10 September. Walaupun Indonesia tidak kirim wakilnya di ajang FIBA World Cup 2023, tetap tuan rumahnya di Indonesia.

Sebagai salah satu panitia penyelenggara, Suryadi Wongso, memang ingin turnamen AVBC dapat berjalan lancar. Apalagi cabor basket Indonesia sedang disorot setelah timnas mendapat medali emas di SEA Games 2022.

Menurut Suryadi, basket adalah permainan yang banyak variasi dan tantangan, dan termasuk kategori olahraga berat karena menggunakan hamper seluruh bagian tubuh.

Suryadi berharap turnamen AVBC nantinya tidak hanya jadi ajang kumpul para pecinta basket saja, namun juga untuk menggalakkan hidup sehat agar kualitas hidup makin terjaga.

“Sebelum Covid kita punya target ikut minimal 4 turnamen dalam setahun, dua di dalam negeri dan dua di luar negeri,” ucapnya.

Other Articles

Leave a Reply